indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

IPC/PMLI Jalin Kerjasama dengan Hamburg Port Consulting (HPC), Perkuat Kolaborasi Pelatihan Kepelabuhanan, Maritim dan Logistik

BOGOR (ISL News) - HPC Hamburg Port Consulting, merupakan konsultan logistik yang memberikan konsultasi manajemen dan solusi pengembangan untuk pelabuhan, terminal laut dan darat serta jaringan antar moda, hari ini secara virtual menandatangani nota kesepahaman dengan IPC Learning & Consulting/PT Pendidikan Maritim dan Logistik (PMLI).

Kerja sama tersebut tidak lain untuk memperkuat kerjasama dalam industri kepelabuhanan, maritim, logistik dan konsultansi serta sebagai bentuk kolaborasi mewujudkan Visi IPC untuk menjadi ekosistem maritim kelas dunia.

Dengan lebih dari 3.000 pelabuhan, Indonesia memiliki komunitas pelabuhan yang sangat signifikan. Sebagai bagian dari kelompok kolaboratif empat Pelindo yang mengoperasikan lebih dari 100 pelabuhan di Indonesia, IPC mengoperasikan dua belas pelabuhan dengan menghasilkan kinerja operasi bongkar muat peti kemas sebesar 6,72 juta TEU dan non-peti kemas sebanyak 53,48 juta ton pada tahun 2020.

Didorong oleh visi untuk menjadi ekosistem maritim kelas dunia, IPC memiliki tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga kerja kepelabuhanan, maritim dan logistik terbaik dan memiliki daya saing internasional. Oleh karena itu, IPC Learning & Consulting/PT Pendidikan Maritim dan Logistik (PMLI), sebagai anak perusahaan dari IPC yang bertanggung jawab atas pelatihan dan konsultansi, berkomitmen untuk mengukuhkan diri sebagai pusat pengembangan kompetensi unggulan dalam bidang kepelabuhanan, maritim, logistik, manajemen, dan kepemimpinan.

HPC sendiri memiliki rekam jejak dalam pengembangan pelabuhan di kawasan Asia Pasifik melalui implementasi lebih dari 250 proyek untuk baik untuk pelabuhan kecil maupun besar yang membantu operator memastikan pertumbuhan aset mereka yang berkelanjutan.

Nota kesepahaman ini diatur untuk menciptakan peluang kerjasama secara timbal balik dalam bidang teknologi Smart Port, manajemen logistik kepelabuhanan, pemasaran pelabuhan dan operasi pelabuhan untuk penanganan berbagai terminal dedicated seperti kontainer, multipurpose, curah cair & kering, RoRo dan penanganan barang berbahaya. Memanfaatkan pengalaman HPC yang luas di bidang strategis dan operasional, HPC mendukung IPC dalam mewujudkan visinya untuk membentuk komunitas pelabuhan Indonesia sebagai ekosistem maritim yang berkelas dunia.

“Di IPC, kami ingin mengurangi biaya logistik dan meningkatkan kualitas layanan sebagai pionir dalam menyediakan layanan pelabuhan yang berkualitas”, kata Ihsanuddin Usman Direktur SDM & Umum IPC dalam sambutannya, pada Kamis kemarin, 1 April 2021.

Hal senada dikemukakan Chiefy Adi K., Direktur Utama IPC Learning & Consulting/PT Pendidikan Maritim dan Logistik (PMLI). Menurut Chiefy Mendidik, melatih, dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya di bidang kepelabuhan, kemaritiman dan logistik merupakan landasan untuk mencapai cita-cita mulia ini.

“Kami menghargai keahlian HPC yang luar biasa dalam pelatihan dan konsultasi kepelabuhanan dan melihat ini sebagai langkah yang tepat dalam memperoleh transfer pengetahuan dan mencapai efisiensi yang lebih besar. Dan kami merasa terhormat untuk mendampingi tim yang berdedikasi di IPC dalam perjalanan mereka menuju pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Konsul Jenderal Bapak Ardian Wicaksono dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jerman atas upaya yang luar biasa dalam membuka jalan dan memediasi bagi kerja sama yang kuat ini,” Chiefy.

Ditambahkan Chiefy, harus dilakukan upaya yang maksimal dari sisi teknis operasi dan digital operasional pelabuhan bisa seperti Hamburg Port, Bremenhaven Port melalui peningkatan kompetensi SDM dan membangun global networking.

Dalam kesempatan MoU terserbut, Felix Kasiske selaku Managing Director HPC mengatakan bahwa berdasarkan pada budaya pelatihan dan konsultansi di HPC yang memberikan kombinasi pelatihan manajemen pengetahuan dengan manajemen kepelabuhanan modern dan keterampilan dalam pengoperasian terminal untuk memungkinkan pengguna jasai beroperasi pada tingkat yang modern dan berkelanjutan untuk jangka panjang.

(Red. ISL News/Corcom PMLI/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version