indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

Launching ILLI-ILRI : Langkah Mendongkrak Kapabiltas SDM Logistik

JAKARTA – BOGOR  (ISL News) - Pendapatan Nasional Biaya Logistik di Indonesia berdasarkan buku Logistical Management 12.8% dari GDP (Gross Domestics Products). Ini masih tergolong mahal dibandingkan dengan Thailand yg hanya memerlukan 1,3% dari GDP pada tahun 2011. Faktor utama perbaikan itu adalah faktor produksi yang mewakili supply dan pasar yang mewakili demand.

Selain itu, problem lain di Indonesia masih sering dihadapi dalam kesenjangan dan ego sectorial, jadi dalam hal ini kita harus bisa berkolaborasi dan kerjasama dalam menghilangkan Silo Minded.

Untuk itu dibutuhkan kontrol tower yang bisa menjadi derijen dari mulai pelaku produksi, pelaku logistik untuk menciptakan pasar dengan volume yang besar.

Menyikapi berbagai fenomena tersebut Kementerian BUMN telah melakukan langkah nyata untuk memaksimalkan peran BUMN sektor logistik dalam peningkatan efektivitas pelayanan logistik nasional dengan melakukan klasterisasi khususnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang industri logistik.

Perusahaan-perusahaan BUMN yang tergabung dalam klaster BUMN diantaranya PT Pelindo I,II,III dan IV, PT KAI, DAMRI, PT VTP, PT ASDP Indonesia Ferry, PT PELNI, PT POS dan PT INKA.

 

Launching ILLI

Sebagai langkah awal kolaborasi 12 perusahaan BUMN klaster logistik tersebut pada hari ini Selasa, 29 Juni 2021 melaksanakan kegiatan forum diskusi sekaligus launching Indonesia Logistics Learning Institute (ILLI) dan Indonesia Logistics Learning Institute secara daring.

Kegiatan launching dan forum diskusi yang diikuti 450 insan perusahaan BUMN klaster logistik dan di luar klaster logistik tersebut menghadirkan para keynote speaker diantaranya Wakil Menteri II KBUMN Bapak Kartiko Wirjoatmojo, Direktur Utama PT Pelindo II, Arif Suhartono,

Direktur PT KAI Bapak Didiek Hartantyo. Selain itu sebagai narasumber dalam acara tersebut Prof. I Nyoman Pujawan yang merupakan Guru Besar Bidang SUpply Chain dan Logistics.

Diharapkan adanya ILLI dan ILRI tahun ini kita bisa menghilangkan ego sectoral dan silo-silo di antara perusahaan utama logistik dan juga pendukung nya sehingga kolaborasi antara perusahaan BUMN, BUMD dan juga BUMS bisa berjalan dengan baik dan meningkatkan indeks logistik Nasional dalam negeri serta pemerataan pelayanan logistik yang berkesinambungan dapat terlaksana sesuai dengan Arahan Bapak Presiden Republik Indonesia.

(Red. ISL News/PMLI/email:This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version