indonesiashippingline.com

Switch to desktop Register Login

PMLI kembali Gelar Webinar Innovation Engagement Program, Innovation for Pelindo Bersatu

BOGOR (ISL News) – Halo Innovators!, Tak bisa dipungkiri Industri maritim berkembang dengan sangat dinamis. Inovasi menjadi salah satu upaya adaptasi sebuah korporasi agar tetap bertahan menghadapi berbagai perubahan untuk menghadirkan pelayanan berkelas dunia.

Terlebih pada masa pandemi seperti yang saat ini kita semua alami, inovasi sudah menjadi barang tentu untuk dapat terus menggerakkan aktivitas perusahaan dari dampak yang ditimbulkan. Meski tidak secara signifikan, dampak pandemi juga melanda sektor kepelabuhanan, kemaritiman dan logistik Indonesia. Sehingga inovasi menjadi salah satu cara jitu untuk dapat meminimalisir dan agar tetap tumbuh akibat adanya pandemi Covid-19.

Berbagai inovasi juga terus dikembangkan di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, & IV (Persero) atau Pelindo. Dalam menyongsong penggabungan keempat Pelindo dengan sebutan Pelindo Bersatu, dalam hal ini telah memiliki program inovasi rutin untuk para pegawainya masing[1]masing. Innovation Engagement Program (IEP) telah rutin diselenggarakan untuk memberikan inspirasi, aspirasi dalam meningkatkan awareness seluruh insan Pelindo Bersatu agar dapat berkolaborasi dalam mengembangkan inovasi yang berdampak nyata bagi kinerja operasi dan keuangan perusahaan.

Menyongsong integrasi empat operator pelabuhan terbesar di Indonesia, Pelindo I,II,III dan IV terus melakukan kolaborasi dan sinergi dalam berbagai program termasuk inovasi-inovasi yang dilakukan para Insan Pelindo Bersatu. Salah satu bentuk realisasi kolaborasi yang terjalin antar ke-empat Pelindo dalam inovasi salah satunya melalui program Innovation for Pelindo Bersatu : mari bersama menyukseskan Sinergi & Integrasi melalui Inovasi. Program tersebut didukung oleh PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia yang dilaksanakan pada 06 Agustus 2021, sukses terselenggara dengan melibatkan 1,974 Insan Pelindo Bersatu di seluruh Indonesia.

Menghadirkan narasumber berkaliber dunia di antaranya Soleh Ayubi Chief Transformation & Officer Bio Farma sekaligus Chief of BUMN Muda dan Alamanda Shantika Founder & President Director of Binar Academy serta dimoderatori oleh Indrawan Nugroho Co[1]Founder & CEO CIAS, sukses menyedot perhatian Insan Pelindo Bersatu yang begitu antusias mengikuti program ini.

Dalam kesempatan ini Soleh Ayubi menyampaikan bahwa inovasi adalah suatu keniscayaan dan keharusan dalam mengiringi perkembangan zaman, sehingga mereka yang tak mau untuk berinovasi secara perlahan-lahan akan mati karena kalah bersaing. Poin penting dalam pemaparannya bahwa dalam proses inovasi ada tiga sikap yang harus dilakukan yaitu :

1. Semangat untuk berkolaborasi, bekerja bersama untuk menghasilkan suatu inovasi yang luar biasa dengan semangat untuk berkontribusi pada kemajuan perusahaan;

2. Bergerak cepat dan transformatif, yaitu menyelesaikan suatu tugas dan pekerjaan secara cepat dan tepat agar dapat memenangkan persaingan yang kian dinamis dan sulit diprediksi;

3. Ketika menghadapi krisis, kita dituntut untuk memanfaatkan dan memaksimalkan segala peluang yang ada, sehingga sikap adaptif mutlak dimiliki oleh seorang inovator.

Sementara itu Alamanda Shantika menyampaikan bahwa ketika produk hasil dari inovasi yang dilakukan bisa digunakan dan memberikan manfaat bagi orang lain, merupakan penghargaan dan satu pencapaian yang tinggi.

Lebih lanjut Alamanda Shantika menyampaikan bahwa menciptakan suatu produk tidak hanya juga menciptakan solusi namun juga harus dijadikan sebagai salah satu tujuan hidup seorang inovator. Beberapa hal mendasar dalam proses inovasi adalah visi atau tujuan korporasi yang menjadi kompas dalam bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

“Selain itu juga hal terpenting adalah sikap berani untuk mau menampilkan produk inovasi apapun hasil dan kondisinya, karena proses perbaikan dan penyempurnaan yang tepat akan ditemukan seiring berjalannya waktu. Hal mendasar lainnya yang juga tak kalah penting dari pembuatan produk inovasi adalah analisis timbal balik dari pengalaman pengguna produk tersebut untuk proses perbaikan dan penyempurnaan dari produk yang kita hasilkan,” Ungkap Alamanda.

Ditambahkan, melalui program ini diharapkan akan menjadi pemicu dan pemantik bagi seluruh Insan Pelindo Bersatu untuk dapat berinovasi dan melahirkan pemikiran serta gagasan yang visioner sehingga dapat lebih memajukan sektor kepelabuhanan, kemaritiman dan logistik di Indonesia.

Sebagai Informasi, bahwa penyelenggaraan program ini dimulai dengan webinar yang didukung oleh PT PMLI juga sekaligus sebagai bentuk dukungan PT PMLI dalam menyongsong Integrasi Pelabuhan Indonesia mendatang demi satu BUMN Pelabuhan Bersatu untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. IPC Learning & Consulting ENERGIZING PEOPLE. ENERGIZING INDONESIA .

(Red. ISL News/ CorcomPMLI/email;This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.).

indonesiashippingline.com (ISL News), islnewstv.com, isl news tv, isl news interaktif adalah merk dagang milik dan diterbitkan oleh PT ISL Media Nasional sejak 2012 di Jakarta (@copyright)

Top Desktop version